Akibat Korupsi Kepala Desa Hoi Kabupaten TTS Difonis Dua Tahun Penjara

Jumat, 13 September 2019 - 10:14 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KUPANG,suarafaktahukum.com. Perkara korupsi dana desa Hoi yang menyeret 3 orang terdakwa masing-masing kepala desa Hoi Edinus Tuke, Yustus M. Nao bendahara desa Hoi dan Elias Nome ketua TPK desa Hoi memasuki tahap akhir. Dengan agenda persidangan pembacaan putusan dari majelis hakim.

Sidang yang di ketua majelis hakim Fransiska D.P Nino, SH.MH. didampingi Ali Muhtarom dan Ibnu Kholik sebagai anggota berlangsung pada Kamis, (12/09/2019) .

Disaksikan oleh JPU Kajari TTS Semuel Otniel Sine, SH dan Kuasa Hukum terdakwa dari LBH Surya NTT Herry F.F Battileo, SH.MH dan Tesar Haba, SH. Majelis hakim membacakan putusan sidang secara bergantian dan akhirnya memvonis terhadap ke tiga orang terdakwa dengan masa hukuman berbeda.

Dalam amar putusannya hakim menjatuhkan hukuman dua tahun penjara bagi kepala desa Hoi Edinus Tuke, ditambah pengembalian uang negara sebesar 20 juta rupiah dan pengembalian 1 unit sepeda motor milik Edinus Tuke yang disita sebelumnya kepada yang bersangkutan. Sedangkan bagi bendahara desa Hoi Yustus M. Nao dan Ketua TPK Elias Nome masing-masing dijatuhi satu tahun penjara.

Hukuman yang diterima oleh ke tiga terdakwa jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebab sebelumnya Jaksa memberikan tuntutan kepada kepala desa Hoi enam tahun, sedangkan bendahara dan ketua TPK masing masing empat tahun pidana kurungan.

Walaupun fonis telah di bacakan, namun Majelis hakim masi memberikan kesempatan kepada para pihak selama tuju hari guna mempertimbangkan terhadap putusan tersebut apakah menerima atau menolak.

Pantauan Fakta hukum, banyak kerabat maupun keluarga dari ke tiga terdakwa turut menyaksikan jalan nya persidangan. Usai mendengarkan putusan dari majelis hakim, secara spontan semua keluarga dan kerabat langsung berpelukan dengan para terdakwa sambil meneteskan air mata. Saat itu suasana haru menyelimuti ruagan pengadilan tipikor kupang sangat terasa.

Tim Kuasa Hukum LBH Surya NTT Herry F.F Battileo, SH.MH saat dikonfirmasi terkait putusan yang diterima kliennya mengatakan bahwa, vonis yang di berikan oleh majelis hakim terhadap liennya sudah sesuai dengan fakta persidangan yang didukung semua bukti dan keterangan saksi. Pihaknya sudah berupaya secara maksimal dengan menunjukan profesionalisme kinerja. Selama proses persidangan berlangsung kliennya juga tidak berbelit dan berprilaku sopan, sehingga sidang dapat berjalan dengan lancar.

“Kami dari pihak kuasa hukum LBH Surya NTT sudah berupaya semaksimal mungkin agar klien yang kami bela mendapat hukuman seringan ringan nya. Dan akir nya apa yang di harapkan dari kami maupun terdakwa dapat terpenuhi dengan melalui keputusan yang lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelum nya. Demikian ungkap Hery Batileo kepada Fakta hukum saat usai persidangan. (Jr)

Berita Terkait

Dugaan Seorang Pengacara Asal NTT Menggelapkan Uang Klien 1 Miliar Telah Dilaporkan Ke Polisi
Anggota DPR RI asal NTT Kutuk Keras Aksi Penyerangan terhadap Mahasiswa Katolik yang Tengah Berdoa Rosario di Tangsel
Laporkan Kasus KDRT, Ivony Non minta suaminya Ditahan Polres TTS
Pejabat Walikota Kupang Minta Dinas Terkait Perhatikan Keluhan Masyarakat
Beredar Dana Haji Bangun IKN, GP Ansor NTT Minta Masyarakat Jangan Percaya Itu Hoax
Akibat Korupsi Dana Desa, Arnodus Nau Bana dan Arnoldus Sali Feka Dihukum Penjara Selama 4 tahun
Pengadilan Tipikor Gelar Sidang Perkara Korupsi Pembangunan Puskesmas Inbate TTU
Putria Salon menjalankan Program PKW Tahap ke Dua 

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 11:47 WITA

Pemprov NTT Serahkan SK Pengangkatan kepada 1443 Guru PPPK Tahun 2023

Sabtu, 11 Mei 2024 - 08:33 WITA

Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti

Kamis, 9 Mei 2024 - 17:19 WITA

Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:33 WITA

Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Berita Terbaru