KODIM 1604/KUPANG LAKSANAKAN PERSEMIAN POMPA HIDRAN DI DESA OEFAFI DAN PEMBERIAN BANTUAN BERAS DARI PANGDAM IX/UDAYANA KEPADA MASYARAKAT

Kamis, 26 Agustus 2021 - 08:26 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kupang – Suarafaktahukum.Com
Provinsi Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai daerah yang kering dan tandus di saat musim kemarau sehingga terjadi krisis air bersih bagi masyarakat NTT. Dengan kondisi topografi alam yang umumnya berbukit-bukit sehingga menyulitkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih termasuk masyarakat di Desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang harus berjalan kaki melewati jarak yang cukup jauh dan berbukit-bukit untuk mendapatkan air bersih.

Untuk menjawab kesulitan masyarakat di wilayah NTT yang kesulitan air bersih termasuk masyarakat Desa Oefafi Kec. Kupang Timur Kab. Kupang, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak memberikan bantuan Pompa hidran melalui Kodim-Kodim Jajaran, diantaranya Kodim 1604/Kupang untuk pemasangan pompa hidran kepada masyarakat guna dapat menyalurkan air dari lokasi sumber air yang cukup jauh dan curam, agar sampai ke rumah penduduk untuk dapat menikmati air bersih.

Hari ini Rabu 25 Agustus 2021 Kodim 1604/Kupang bersama Pemerintah Kab. Kupang meresmikan pompa Hidran di Desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang NTT.

Mewakili pemerintah Kabupaten Kupang, Camat Kupang Timur Bapak Deny Mateos Tadoe dalam sambutannya saat meresmikan Pompa Hidran mengatakan bahwa akhir-akhir ini kita menghadapi dua bencana yang sangat dahsyat yaitu bencana alam seroja dan Covid-19. Namun itu semua bukan merupakan suatu tantangan yang membuat kita patah semangat. Pada hari yang berbahagia ini kita sama sama menyaksikan peresmian pompa Hidran bantuan Panglima Kodam IX/Udayana, saya atas nama pemerintah Kabupaten Kupang mengucapkan selamat kepada kita semua secara khusus masyarakat Desa Oefafi sebagai penerima Pompa Hidran agar dapat memanfaatkan pompa Hidran Bantuan Pangdam IX/Udayana dengan baik sehingga juga dapat meningkatkan sumber ekonomi bagi masyarakat Desa Oefafi.
Mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan hingga selesainya proses pengerjaan pompa hidran ini merupakan bukti nyata partisipasi TNI dalam membangun seluruh elemen masyarakat termasuk masyarakat Desa Oefafi yang hingga saat ini masih kesulitan untuk mendapatkan sarana air bersih.

Untuk itu, kita harus memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada TNI khususnya Bapak Panglima Kodam IX/Udayana, walaupun beliau jauh di Bali tapi hati, pikiran dan tenaga tetap dicurahkan pada masyarakat Kabupaten Kupang khususnya Desa Oefafi. Kami bersama masyarakat berjanji akan memelihara pompa ini dengan penuh tanggung jawab serta saya mengajak masyarakat dengan hadirnya air bersih ini masyarakat bisa menghijaukan pekarangan rumah dengan bercocok tanam berupa sayuran hidroponik.

Pada kesempatan yang sama, Pjs. Pasi Intel Kodim 1604/Kupang Kapten Inf. Nerson F. Baitanu mewakili Komandan Kodim 1604/Kupang dalam sambutannya mengatakan kita patut bersyukur kepada Tuhan dimana apa yang menjadi impian masyarakat Desa Oefafi yaitu air bersih saat ini sudah ada dihadapan kita satu Reservoir yang cukup besar dengan ukuran 4×6 meter serta tinggi 2,60 meter, proses pengerjaannya kita sudah selesaikan dan ini semua merupakan program dari Pangdam IX/Udayana.

Lebih lanjut mengatakan, sistem kerja dari pompa hidran ini tanpa menggunakan tenaga listrik, tenaga matahari maupun tenaga manusia namun cukup dengan menggunakan tenaga air sendiri. Pembuatan pompa hidran bukan hanya di Desa Oefafi saja, tetapi ada di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Kupang, dimana terdapat lokasi air, namun karena jarak dan medan yang jauh dan sulit untuk mengambilnya melalui Babinsa akan mengecek dan melaporkan kepada pimpinan untuk di pasangkan pompa hidran.

Dalam proses pengerjaan pompa Hidran kita melibatkan masyarakat supaya apabila masyarakatnya sudah ikut berpartisipasi dan bekerja bersama, maka dengan sendirinya mereka merasa ikut memiliki dan memelihara pompa hidran tersebut, Jelasnya.

Sementara itu, Bapak Meliaki Nome sebagai Tokoh Masyarakat menyampaikan bahwa sebagai Tokoh Masyarakat, pertemuan kita bersama di Desa Oefafi bukan secara kebetulan akan tetapi berawal dari satu peristiwa yang tidak disangka bahwa di tempat ini akan dibangun sebuah pompa Hidran lengkap dengan bak Reservoir. Kami tidak dapat melukiskan rasa terima kasih kepada TNI yang sudah berupaya untuk menghadirkan dan menjawab rasa kerinduan hati kami masyarakat Desa Oefafi untuk mendapatkan air bersih. Jujur kami sampaikan bahwa awalnya kami tidak percaya, mana mungkin air yang ada didalam lubang dibawa gunung bisa naik ke ketinggian tanpa menggunakan tenaga listrik, ini merupakan satu hal yang baru dan luar biasa, dan diluar nalar dan pemikiran kami sebagai masyarakat biasa, ungkapnya.

Usai kegiatan peresmian Pompa Hidran, Danramil 1604-02/Camplong Lettu Arh. Satria Jaya Bersama Babinsa juga membagikan beras bantuan di masa Covid-19 dari Panglima Kodam IX/udayana kepada 53 Kepala Keluarga di Desa Oefafi yang terdampak Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian pompa hidran ; Camat Kupang Timur Bpk. Deny Mateos Tadoe, Pjs. Pasi Intel Kodim 1604/Kupang. Kapten Inf. Nerson F. Baitanu, Danramil 1604-02/Camplong Lettu Arh. Satria Jaya, Kapolsek Kupang Timur Iptu. Viktor Hary Saputra, Pendeta Jemaat Imanuel Oefafi, Wakapolsek Kupang Timur Ipda. Josteve, Kepala Desa beserta perangkat Desa Oefafi, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta masyarakat Desa Oefafi. ( sfh)

Berita Terkait

Pemprov NTT Serahkan SK Pengangkatan kepada 1443 Guru PPPK Tahun 2023
Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti
Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste
Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus
Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT
Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi
Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 11:47 WITA

Pemprov NTT Serahkan SK Pengangkatan kepada 1443 Guru PPPK Tahun 2023

Sabtu, 11 Mei 2024 - 08:33 WITA

Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti

Kamis, 9 Mei 2024 - 17:19 WITA

Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:33 WITA

Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Berita Terbaru