Korem 161/Wira Sakti Laksanakan Upacara HUT ke-76 TNI Tahun 2021 di Lokasi Pompa Hidram

Rabu, 6 Oktober 2021 - 07:31 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kupang – Suarafaktahukum.Com
Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Jemz Andre Ratu Edo, S. Sos., bersama masyarakat Dusun II Baumata Timur, Kec. Taebenu, Kampung Manefu RT. 7 RW. 4 Kabupaten Kupang, Selasa (05/10/2021) menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lokasi sumber air tempat pemasangan Pompa Hidram yang berlangsung dengan hikmat.

Upacara tersebut berlangsung dengan Inspektur Upacara, Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Jemz Andre Ratu Edo, S. Sos., bertindak selaku Komandan Upacara Danramil 1604-01/Kupang Mayor Inf Hendrik Dunant dan diikuti oleh 30 orang masyarakat.

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S. I. P., M. M. saat sambutannya yang dibacakan oleh Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Jemz Andre Ratu Edo, S. Sos menyampaikan bahwa “seluruh jajaran TNI di Nusa Tenggara Timur harus lebih memantapkan soliditas jiwa korsa dan kekompakan serta meningkatkan sinergitas dan peran seluruh komponen pemerintah beserta masyarakat untuk senantiasa bersatu, bahu membahu, bersama berjuang dalam menghadapi berbagai Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan yang dapat menimbulkan konflik sosial, memecah belah persatuan dan kesatuan serta mengancam keutuhan NKRI di wilayah NTT”.

“Hal terpenting lainnya yang juga menjadi bagian dari tugas dan tanggungjawab kita, bersama seluruh Komponen Bangsa di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Nusa Tenggara Timur serta tetap melaksanakan upaya percepatan dalam penanganan memutus dan mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan optimalisasi pendisiplinan masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 karena meskipun persentasi angka kasus Covid-19 di wilayah NTT dinyatakan telah berkurang namun bukan berarti kita sudah terbebas dari masa Pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

“Kita masih harus terus tetap mentaati dan melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) serta melakukan 3T (Testing, Tracing dan Treatment). Dirgahayu Ke-76 TNI, “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang,” untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, NTT Bangkit, NTT Sejahtera. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai, menuntun, melindungi dan menguatkan langkah-langkah perjuangan, karya dan pengabdian kita kepada masyarakat,” jelasnya.

Kasrem juga menambahkan saat selesai upacara dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI ke-76 di lokasi Pompa hidram di Dusun II Baumata Timur menyampaikan pelaksanaannya bersama masyarakat ini, kita telah bersatu padu untuk berada di monumen perjuangan TNI di masa kemerdekaan ini, dimana kita bisa bersama-sama bahu membahu membangun Kabupaten Kupang maupun NTT ini pada umumnya. Kita lihat disini seperti detak jantung kita dan tidak berhenti air sebagai sumber kehidupan yang mana Bapak Pangdam IX / Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak berinisiatif, bagaimana mengembangkan Pompa Hidram di Wilayah NTT khususnya bagi yang tidak terjangkau oleh fasilitas air dari Pemerintah seperti PDAM, sehingga dengan sistim Pompa Hidram yang dilakukan bisa menghasilkan air untuk masyarakat yang tidak terjangkau oleh program Pemerintah itu.

“Pompa Hidram ini memang kami persembahkan di HUT TNI ini kurang lebih saat ini sudah ada 150 titik Pompa Hidram di Wilayah NTT. Kemudian di tahap program ke-4 ini akan lebih banyak lagi. Mudah-mudahan mencapai 250 titik, perlu Bapak Wakil Bupati dan Polres maupun jajaran ketahui bahwa satu hari kita bisa memberikan kontribusi sebesar Rp. 120.000.000,- untuk air di NTT ini. Jika masyarakat beli air publikasi berapa per tangki Rp. 50.000,- dengan kemampuan 150 Pompa Hidram ini lebih kurang Rp. 120.000.000,-/hari kontribusi dari Pompa Hidram ini kepada masyarakat NTT. Hal ini bisa diperhitungkan artinya dengan harapan bahwa nantinya ini bisa dipelihara dan dikembangkan sebagai balas Projek ditempat lainnya dengan sumber-sumber anggaran lainnya. Kemudian bisa terus diutamakan air untuk konsumsi masyarakat, MCK maupun sebagai pengembangannya lainnya untuk Peternakan Ayam sehingga masyarakat bisa menikmati ayam dengan harga murah, ikan dengan harga murah karena tersedianya air,” ungkap Kasrem.

Ucapan terimakasih juga dari tokoh masyarakat yang di Dusun II Baumata Timur, Kec. Taebenu, Kampung Manefu RT. 7 RW. 4 Kabupaten Kupang Bapak Tomas Nubang menyampaikan “terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Pangdam IX/Udayana dengan mata hatinya dia melihat penuh kasih dan peduli terhadap kami dan membantu kami dengan Pompa Hidram ini, yang awalnya kami hidup itu kesulitan air namun dengan bantuan Bapak Pangdam IX/Udayana maka kami merasa senang namun kami tidak dapat berbuat sesuatu untuk membalaskan kebaikan Bapak Pangdam tapi kami selalu dan senantiasa mendo’akan beliau Bapak Pangdam dan semua para TNI AD ini yang ada di NTT ini,” ungkap Tomas.

Turut hadir pada kegiatan ini para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Dan/Kabalak Aju Kodam IX/Udayana, Kapolres Kupang dan para perangkat Desa Baumata Timur.
( *Penrem*)

Berita Terkait

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus
Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT
Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi
Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti
Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif
Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang
Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 10:24 WITA

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Jumat, 23 Februari 2024 - 12:45 WITA

Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:59 WITA

Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:48 WITA

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes,S.E.,M.M resmi jabat Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terbaru

Tak Berkategori

Polda NTT Kerahkan 2.957 Peronil dalam OPS Ketupat 2024

Kamis, 4 Apr 2024 - 10:15 WITA

Hukum Kriminal

Laporkan Kasus KDRT, Ivony Non minta suaminya Ditahan Polres TTS

Kamis, 28 Mar 2024 - 11:55 WITA

Nasional

Provinsi NTT Raih Sejumlah Penghargaan TOP BUMD Awards 2024

Jumat, 22 Mar 2024 - 11:11 WITA