Pemprov NTT Menyerahkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur Jawa Barat

Jumat, 27 Januari 2023 - 15:47 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Duka Cianjur adalah Duka kita Bersama
“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTT, saya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur, Bapak Viktor Laiskodat, menyampaikan rasa simpati dan empati kami, menyampaikan hormat yang setinggi-tingginya dan keprihatinan yang sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang menimpa masyarakat Cianjur, Jawa Barat, pada Senin 21 November 2022 lalu. Gempa bumi tersebut, telah meluluhlantahkan hampir seluruh wilayah Cianjur, serta memakan korban jiwa yang sangat banyak. Kejadian ini menjadi keprihatinan kita bersama. Duka Cianjur adalah duka kita bersama seluruh masyarakat Indonesia”.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Adreanus Nae Soi (JNS), saat menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi NTT kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas terjadinya musibah Gempa Bumi di Cianjur, Jabar, pada November 2022 lalu. Penyerahan bantuan uang senilai 500 Juta Rupiah dari Pemerintah Proivinsi NTT tersebut diserahkan kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum, SE, bertempat di Ruang Lokantara, Lantai I, Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat, Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung.

Hadir mendampingi Wakil Gubernur NTT, JNS, saat acara penyerahan tersebut, masing-masing : Penjabat Sekda Provinsi NTT : Johanna E. Lisapaly,SH.,M.Si, Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Pemerintahan dan Organisasi : Dr. David B. W. Pandie, MS, Asisten III Sekda Provinsi NTT Bidang Administrasi Umum : Semuel Halundaka, S. IP, M.Si, Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTT : Ambrosius Kodo, S. Sos, MM, Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT : Drs. Zakarias Moruk, MM, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT : Prisila Q. Parera, SE, Kepala Badan Penghubung NTT di Jakarta : Hendri Donal Izaac, S. Sos, M. Si dan Severinus Poso, M.Si selaku Staf Khusus Wakil Gubernur NTT.

“Kami hadiri disini sekaligus melakukan silaturahmi dengan semua saudara-saudara kami di Provinsi Jabar, khususnya dengan saudara kita yang tertimpa bencana Cianjur kali lalu. Bencana yang dialami oleh seluruh masyarakat Cianjur, Jabar, juga menjadi bagian dari keprihatinan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dari kami sebagai sesama saudara di Nusa Tenggara Timur. Kita di Indonesia sudah menjadi satu kesatuan dalam persaudaraan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote Ndao. Sakitnya di Cianjur, maka sakitnya juga sama kami rasakan di NTT. Kami turut merasakan luka dan duka yang amat mendalam, yang dialami oleh seluruh masyarakat Cianjur, oleh karena korban jiwa manusia yang sangat banyak, dan juga kerusakan fisik bangunan serta infrastruktur yang melumpuhkan aktifitas di Cianjur, bahkan sampai bahkan beberapa hari terakhir masih terjadi gempa susulan. Dan hal ini amat mengganggu kenyaman bathin dari seluruh masyarakat, bahkan menjadi sebuah peristiwa traumatik. Oleh sebab itu pada hari ini, kami datang untuk menyampaikan penguatan kepada masyarakat Cianjur, yakinlah bahwa saudara-saudaraku di Cianjur, kalian tidak sendiri dalam menghadapi musibah ini. Kami datang dan membawa tali kasih kami sebagai wujud kepedulian dan sama-sama merasakan penderitaan dari semua saudara kami di Cianjur”, ujar Wagub Nae Soi sambil menyerahkan bantuan tersebut kepada Wagub Jabar, Ruzhanul Ulum.

Putera Ngada, JNS, yang akan mengikuti Sidang Terbuka Promosi Doktornya pada Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung, pada hari ini, Jumat, 27 Januari 2023, Pukul : 13. 30 WIB nanti, juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian dan bantuan dari masyarakat dan Pemprov. Jabar, dimana 4 April 2021 lalu, NTT tertimpa bancana Badai Siklon Tropis Seroja.

“Kami menyadari dengan sungguh bahwa saat kami tertimpa bencana Seroja dua tahun lalu, kami juga merasakan dan berterima kasih sekali atas semua perhatian dan kepedulian tulus dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat, yang telah sudi meringankan beban kami, saat kami pun diluluhlantahkan oleh Badai Siklon Tropis Seroja. Oleh sebab itu, apa yang dirasakan oleh masyarakat Cianjur, Jabar, sama juga seperti yang kami alami waktu lalu. Terima kasih Pa Wagub dan Pa Gubernur Jawa Barat dan seluruh masyarakat Jawa Barat atas semua simpati dan empati yang telah kami terima waktu itu”, kata Politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum, SE menyambut dengan penuh sukacita dan keakraban kunjungan dari Wagub NTT dan rombongan, saat diterima di Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat.

“Selamat Datang kepada Bapak Wagub NTT dan rombongan di Provinsi Jawa Barat. Selamat datang di Gedung Sate salah satu tempat bersejarah dan melegenda yang sangat membanggakan kami serta menjadi ikon Provinsi Jawa Barat. Apa yang terjadi pada hari ini, patut kami syukuri, bahwa dari 37 Provinsi di Indonesia, baru lima provinsi salah satunya NTT, yang memberi perhatian besar untuk musibah Cianjur. Ada begitu banyak simpati dan empati dari saudara-saudara kita di Indonesia, termasuk di NTT, yang sangat memberi perhatian dan dukungan bagi kami sekalian. Inilah semangat gotong royong dalam rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa di Indonesia yang harus saling peduli. Kami sangat berterima kasih dan merasa tersanjung, karena ada perhatian besar dari seluruh masyarakat NTT. Ini bukti bahwa semangat persaudaraan tetap kita junjung tinggi bersama, untuk saling meringankan beban penderitaan yang dialami, manakala terjadi bencana. Syukur Alhamdulilah, semua proses pemulihan sosial dan ekonomi di Cianjur terus kami kerjakan, mudah-mudahan doa dari kita semua, Cianjur dapat cepat pulih”, respons Wagub Jabar, Ruzhanul Ulum, yang didampingi Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jabar : Dr. Ir. Hj. Rd. Dewi Sartika, M.Si, sembari memberi apresiasi terhadap kerukunan di NTT yang dikenal sebagai Nusa Terindah Toleransinya.

Politisi PPP ini juga mengatakan bahwa masyarakat Cianjur tetap memohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk dari NTT, karena tanpa dukungan secara menyeluruh maka Cianjur seakan lama untuk cepat pulih.

“Kesempatan ini kami dapat sampaikan, bahwa bantuan dari Pemerintah Provinsi NTT yang dibawa langsung oleh Bapak Wagub ini sangat bermakna dan sangat membantu kami sebagai Pemeritah Provinsi Jawa Barat, karena memang daerah kami ini, termasuk salah satu daerah yang rawan bencana. Walaupun pada setiap tahun kami anggarkan dana yang cukup besar untuk penanganan bencana, namun itupun masih terasa kurang. Oleh sebab itu kami sangat berterimakasi sekali bantuan yang kami terima pada hari ini bagi penanganan Cianjur, karena akibat dari gempa bumi yang terjadi pada Senin 21 November 2022, Pukul 13:21:10 WIB lalu, dengan kekuatan 5,6 Magnitudo tersebut, telah merusak, sampai menimbulkan ratusan orang meninggal, dan ribuan bangunan hancur. Dengan kejadian Gempa Cianjur, maka menambah daftar panjang bencana yang terjadi di Jawa Barat pada 2022 lalu”, ujar Uu sapaan akrab Wagub Jabar ini yang juga adalah Bupati Tasikmalaya dua Periode.

Ketuu DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2004 – 2009 ini juga menyampaikan salam hormat untuk Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan seluruh masyarakat NTT, dan terus mendoakan agar proses pembangunan di NTT tetap berjalan lancar menuju kemajuan dan kesejahteraan.

“Semoga apa yang Bapak Wagub NTT dan rombongan berikan kepada kami pada hari ini, akan tergantikan dengan pahala yang besar dari Allah SWT bagi Pemerintah dan masyarakat Provinsi NTT. Secara khusus, saya ingin menyampaikan selamat kepada Bapak Wagub NTT, yang akan mengikuti akan ujian dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor di Universitas Padjajaran, semoga berjalan lancar dan sukses. Profisiat kepada Bapak yang akan menjadi Doktor Ilmu Hukum yang baru di Indonesia. Tuhan senantiasa memberkati bapak selalu, dan selalu amanah dalam mengemban tugas sebagai Wakil Gubernur NTT sampai selesai nanti”, pungkas Wagub Jabar, yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Periode 2009-2011 menutup audiens tersebut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut : Kalak BPBD Provinsi Jabar : Ir. H. Budi Juanda, M.M.f, Karo Kesra Setda Provinsi Jabar : Drs. H. Barnas Adjidin, M.M., M.Pd, dan Karo Adpim Setda Provinsi Jabar : Drs. H. Wahyu Mijaya, S.H., M.Si. (sfh)

 

Berita Terkait

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus
Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT
Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi
Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti
Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif
Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang
Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 10:24 WITA

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Jumat, 23 Februari 2024 - 12:45 WITA

Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:59 WITA

Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:48 WITA

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes,S.E.,M.M resmi jabat Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terbaru

Tak Berkategori

Polda NTT Kerahkan 2.957 Peronil dalam OPS Ketupat 2024

Kamis, 4 Apr 2024 - 10:15 WITA

Hukum Kriminal

Laporkan Kasus KDRT, Ivony Non minta suaminya Ditahan Polres TTS

Kamis, 28 Mar 2024 - 11:55 WITA

Nasional

Provinsi NTT Raih Sejumlah Penghargaan TOP BUMD Awards 2024

Jumat, 22 Mar 2024 - 11:11 WITA