Rapat Persiapan Perayaan Puncak Hari Maritim Nasional ke-59 Tahun 2023

Kamis, 12 Oktober 2023 - 07:34 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kupang – Suarafaktahukum.com Bertempat di Ruang Rapat Gubernur NTT Gedung Sasando pada Rabu 11 Oktober 2023 dilaksanakan Rapat Persiapan Pelaksanaan Perayaan Puncak Hari Maritim Nasional ke-59 Tahun 2023. Perayaan Peringatan Hari Maritim tersebut direncanakan yang akan dilaksanakan di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal ) VII Kupang pada Kamis 12 Oktober besok.

Rapat tersebut dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. Turut mengikuti rapat tersebut diantaranya Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC, Kepala Biro Komunikasi Kemenkomarvest Andreas Dipi Patria, Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna, M.Tr.Opsla, jajaran Forkopimda, dan juga Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam arahannya meminta kerja sama semua pihak untuk mendukung kelancaran acara tersebut.

“Kita harapkan Perayaan Acara HMN besok dapat berjalan lancar dengan kerja sama yang baik dari kita semua. Kita harus punya semangat baik agar menjalankan acara yang besar ini. Ini bentuk pengabdian kita dalam momentum yang luar biasa dan bermartabat ini, saya harapkan juga acaranya terbuka untuk masyarakat agar bisa datang dalam acara ini,” demikian kata Menteri Budi.

Selanjutnya Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC mengatakan, terdapat beberapa acara yang dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa dan juga pelajar.

“Untuk venue lokasinya berada di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal) VII Kupang. Untuk beberapa acaranya turut melibatkan unsur masyarakat khususnya para nelayan termasuk para mahasiswa dan pelajar. Jadi ada  beberapa lomba yang melibatkan para nelayan seperti lomba hias perahu dan beberapa kegiatan lainnya,” katanya.

“Kami harapkan dalam pelaksanaannya kita utamakan acara resminya sehinggga tidak mengurangi makna dari Hari Maritim nasional tersebut. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kehadiran 40-an UMKM nanti,” ujar Ayodhia.

Sementara itu Kepala Biro Komunikasi Kemenkomarvest Andreas Dipi Patria dalam paparan materinya menjelaskan terkait beberapa acara yang dilaksanakan nantinya.

“Dasar pelaksanaan perayaan Hari Maritim Nasional ini mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 249 Tahun 1964 yang menetapkan 23 September sebagai Hari Maritim Nasional. Kita sudah menyiapkan hal-hal pendukung untuk puncak perayaan hari maritim tahun 2023 ini di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur,” kata Andreas.

Ia menuturkan, Perayaan Hari Maritim Nasional kali ini mengangkat tema _Pembangunan Negara Kepulauan Berwawasan Nusantara Menuju Indonesia Emas 2045_ dan mengusung slogan _Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju_.

“Kita rencanakan acara dimulai pada besok pukul 09.55 WITA. Acara ini akan diawali dengan penampilan marching band dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang dan juga pentas seni tradisonal Tarian Hantama oleh UPTD Taman Budaya sebagai penyambutan kedatangan para tamu undangan,” ungkapnya.

“Selanjutnya Pembukaan oleh MC, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Maritim. Kemudian penayangan video peringatan HMN ke-59 yang mengilustrasikan perjalanan pembangunan kemaritiman sejak Indonesia merdeka hingga sekarang, sehingga memberikan wawasan kepada masyarakat sehingga lebih memahami perayaan hari maritim ini,” ujar Andreas.

“Setelah itu kita akan mengikuti Sambutan Selamat oleh Penjabat Gubernur NTT, selanjutnya Sambutan Menteri Perhubungan (mewakili Menkomarvest).” Tambahnya.

Andreas mengutarakan, acara dilanjutkan dengan penayangan video buku Produk Domestik Bruto (PDB) Maritim. PDB Maritim merupakan produk ekonomi maritim yang akandijadikan indikator nasional untuk pembangunan kemaritiman dalam RPJPN tahun 2025 – 2045. Kita akan launching juga buku tersebut dan akan diserahkan oleh perwakilan BPS kepada Menteri Perhubungan. Juga ada pemberian penghargan oleh Menteri Perhubungan kepada 4 K/L, BUMN dan PROSPERA (atas kontribusi dalam pembangunan ekonomi martim), serta apresiasi kepada PT Pelindo sebagai salah satu elemen yang telah ikut serta dalam mendorong pembangunan konektivitas kemaritiman dan juga distribusi ekonomi.

“Kemudian diikuti pemberian penghargaan kepada pahlawan maritim yakni Laksamana Malahayati yang telah ditetapkan oleh Presiden menjadi pahlawan maritim nasional. Dilanjutkan dengan acara hiburan yaitu parade 40 kapal tradisonal nelayan, dan juga pemberian hadiah kepada juara lomba kapal hias, dilanjutkan dengan kunjungan para pelajar ke Kapal Perang TNI Angkatan Laut. Dan semua perayaan HMN ini akan disiarkan secara _live streaming youtube_ agar masyarakat lainpun bisa turut menyaksikan acara ini.” Jelas Andreas.

Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna, M.Tr.Opsla mengungkapkan Lantamal VII Kupang siap mensukseskan acara puncak HMN 2023.

“Kami telah mempersiapkan tempat sebagai lokasi penyelenggaraan. Lokasi sudah siap dan tenda serta perlengkapan telah terpasang semuanya. Terkait kapal-kapal yang akan parade kami juga telah berkordinasi dengan baik dan kami juga turut ikut dalam parade.” Tutur Danlantamal VII Kupang.

“Kapal Perang saat ini sudah bersandar di Mako Lantamal VII Kupang dan dapat dikunjungi oleh pelajar dan juga masyarakat umum. Keamanan pelaksanaan  juga telah kita koordinasikan dengan baik agar terlaksana dengan aman dan lancar. Daya listrik dan jaringan telekomunikasi juga sudah disiapkan dengan baik. Kami akan dukung sepenuhnya dan memberikan yang terbaik,” papar beliau.

Usai melakukan rapat, Penjabat Gubernur NTT juga langsung melakukan kunjungan ke Mako Lantamal VII Kupang untuk memastikan persiapan yang telah dilakukan.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur NTT dan Danlantamal Kupang berkomunikasi terkait penataan panggung dan hal lain yang sudah di persiapan untuk ditampilkan pada acara Hari Maritim Nasional pada esok hari.

“Di sini spot kami nantinya, dan akan ada beberapa spot lagi”, ujar Laksma TNI I Putu Darjatna M.Tr. Opsla.

Sehubung dengan itu Pj. Gubernur NTT langsung berkoordinasi dengan
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT, Ganef Wurgianto untuk memastikan kesiapan para pelajar yang nantinya yang menghadiri acara besok.(sfh)

 

Berita Terkait

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus
Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT
Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi
Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti
Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif
Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang
Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 10:24 WITA

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Jumat, 23 Februari 2024 - 12:45 WITA

Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:59 WITA

Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:48 WITA

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes,S.E.,M.M resmi jabat Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terbaru

Tak Berkategori

Polda NTT Kerahkan 2.957 Peronil dalam OPS Ketupat 2024

Kamis, 4 Apr 2024 - 10:15 WITA

Hukum Kriminal

Laporkan Kasus KDRT, Ivony Non minta suaminya Ditahan Polres TTS

Kamis, 28 Mar 2024 - 11:55 WITA

Nasional

Provinsi NTT Raih Sejumlah Penghargaan TOP BUMD Awards 2024

Jumat, 22 Mar 2024 - 11:11 WITA