Brigjen Febriel: TNI sebagai salah satu elemen yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban

Kamis, 7 September 2023 - 10:00 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kupang – Suara Fakta Hukum Com.
Dalam rangka menjalin tali silaturahmi, Korem 161/Wira Sakti selenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Masyarakat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bertempat di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti Jl. W.J. Lalamentik Oebufu Kota Kupang, Rabu (06/09/2023).

Kegiatan Komsos kali ini mengangkat tema “Moderasi beragama dan Tantangan Polarisasi di Indonesia”. Komunikasi Sosial merupakan bagian dari metode pembinaan Teritorial  yang dilaksanakan antara prajurit TNI AD dengan seluruh komponen bangsa, diantaranya aparat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun komponen lainnya.

Pada kesempatan tersebut sebagai narasumber Narasumber : Kasiter Kasrem 161/Wira Sakti Letkol Inf Augusto Moniz Lopes (Narasumber I) Asisten I Prov. NTT Dra. Bernadeta Mariani Usboko M.Mi (Narasumber II) Ketua FKUB Prov.Dr.Yuliana Salosso, S.Pi, MP (Narasumber III) dan moderator bapak Amir Syarifudin Kiwang, S.Sos, M.Si.

Melakukan komunikasi sosaial dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di NTT, baik pemerintah daerah dan kawan-kawan dari FKUB, tokoh masyarakat toko agama teman-teman dari perbankan dan semua elemen lain berkaitan dengan bagimana kita menyikapi tentang moderasi beragama dan tantangan polarisasi terjadi di negara kita khusus di Provinsi NTT. Ucap Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M, saat jumpa pers di Aula Sudirman Korem 161/WS.

Brigjen Febriel mengungkapkan, “Hal ini perlu kita lakukan berkaitan, kita tau bahwa dalam waktu dekat dan tahun depan kita sudah masuk dalam situasi politik pesta demokrasi yang tentunya kita perlu kita bisa menjaga keamanan, ketertiban, dan ketentraman sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar. Makanya dari TNI sebagai salah satu elemen yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan ketertiban pelaksanaannya pemilu yang aman, kita mencoba membangun komunikasi sehingga adanya pemahaman yang sama antar masyarakat untuk tetap punya komitmen menjaga keamanan dan ketertiban walaupun ada perbedaan pilihan, perbedaan pandangan tetapi tidak menjadi bagian meruncing yang menimbulkan keretakan atau pertikaian antar masyarakat”, kata Danrem.

Ia menyampaikan sejauh ini kita patut besyukur bahwa di provinsi NTT kita belum mendengar adanya konflik atau gesekan yang katakanlah yang terbesar yang terdampak perpecahan di tengah-tengah masyarakat namun kita tidak bisa menganggap itu sebagi satu hal yang oke, kita tidak perlu lakukan komunikasi seperti ini, tapi ini sebagai langkah pencegahan langkah prefensif dari kita makanya kita mengundang dari pihak pemerintah dalam hal ini provinsi NTT dan semua elemen yang ada di masyarakat, ungkap Danrem.

“Kita dalam satu dua bulan ini selalu ada permintaan dari pihak Universitas untuk melakukan pembekalan tentang wawasan kebangsaan dalam kesempatan itu juga hal itu kita gunakan untuk bisa menyampaikan pandangan tentang hal ini. “Anak-anak muda ini perlu dengan ide perlu dengan wawasan pikiran yang sangat luas dan terbuka, tetapi tentunya ide wawasan tentunya ada batasan- batasan sehingga mereka tidak menjadi masalah adanya perbedaan ini, dan saya berterimakasih juga dari pihak perguruan tinggi SMA melalui kegiatan hal tersebut kita bisa ikut menyampaikan hal tersebut”, tegas Danrem.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 161/Wira Sakti, Kasiter Kasrem 161/Wira Sakti, Kasiops Kasrem 161/Wira Sakti, Asisten I Prov. NTT Dra. Bernadeta Mariani Usboko M.Mi (Narasumber II).
Ketua FKUB Prov. NTT Ibu Yuliana Salasso (Narasumber III). Amir Syarifudin Kiwang, S.Sos, M.Si (Moderator). Pimpinan NU NTT Drs. Abd M Hady M.Ag. ( *Penrem*)

Berita Terkait

Provinsi NTT Raih Sejumlah Penghargaan TOP BUMD Awards 2024
Penjabat Gubernur NTT Hadiri Sarasehan DPD RI Bersama Calon Presiden 2024
Bidhumas Polda NTT Raih Penghargaan Bergengsi di Hari Jadi Ke-72 Humas Polri
Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake Hadiri Rakor Pj Kepala Daerah Se-Indonesia, Berikut Arahan dari Presiden Jokowi
Danrem 161/Wira Sakti bersama Pangdam IX/Udayana dampingi Panglima TNI hadiri Puncak Hari Maritim Nasional.
Danrem 161/WS Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HUT TNI ke-78 Tahun 2023
Penjabat Gubernur NTT Hadiri Event Istana Berbatik
Menlu Retno Marsudi Kenakan Pakaian Motif Manggarai NTT di Sidang Majelis Umum PBB

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 11:47 WITA

Pemprov NTT Serahkan SK Pengangkatan kepada 1443 Guru PPPK Tahun 2023

Sabtu, 11 Mei 2024 - 08:33 WITA

Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti

Kamis, 9 Mei 2024 - 17:19 WITA

Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:33 WITA

Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Berita Terbaru