Jakarta Lumpuh Akibat Listrik Padam Total: Negara dan Pemda Gagal Dalam Proses Operasional Pelayanan…!!! Apa Solusinya…???

Minggu, 4 Agustus 2019 - 17:41 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SuarafaktahukumcomJakarta, 4 Agustus 2019, terbilang lumpuh akibat pemadaman listrik akibat pemadaman yang terjadi oleh karena Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off), selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip (Sumber: PLN dan beberapa sumber lainnya).
Dampak kelumpuhan ini terjadi secara masif yang melumpuhkan sejumlah proses Operasional Sistem Bangunan Gedung, MRT, Infrastruktur dan sejumlah fasilitas publik.
Melalui berbagai perangkat media elektronik, permohonan maaf disampaikan oleh pihak PLN untuk hal ini. Namun apakah hal ini cukup?
Dalam pemikiran kritis, hal ini mencerminkan Atmosfir Kegagalan yang sistemik yang seharusnya diantisipasi Negara dan Pemerintah Daerah. Seluruh elemen terlihat tidak siap mengantisipasi risiko padamnya arus listrik ini. Terlebih Sistem Energi MRT terbilang gagal yang seharusnya siap lebih dulu. Bagaimana proyek sebesar ini (MRT) tidak ada back up energi yang valid agar pelayanan tidak terhenti? Selain itu, diteliti juga beberapa bangunan gedung publik di Jakarta tidak siap mengantisipasi padamnya listrik, bahkan ada genset yang gagal beroperasi karena tidak dirawat secara berkala.
Dalam hal ini PLN seharusnya tidak hanya minta maaf, sementara saat listrik mati, layanan dan bisnis terhenti. Apa sikap Pemerintah Daerah secara khusus Jakarta?

Harus ada solusi………!!!!!!

PLN seharusnya memastikan setiap waktu seluruh sistem siap dan mampu berfungsi. PLN juga harus mensosialisasikan kepada masyarakat potret sistem layanan eksisting yang tersedia, sehingga masyarakat siap jika terjadi risiko.
Pemerintah Daerah belum tegas memastikan Kelaikan Sistem Bangunan Gedung, Infrastruktur, MRT dan seluruh Sistem Pelayanan Publik. Masyarakat belum terlatih melakukan evakuasi di lingkungan MRT dari kedalaman 20 m lebih di bawah tanah. Tidak hanya itu saja, antar Pemerintah Daerah perlu memastikan “kecairan dan keberlanjutan” sistem pelayanan terintegrasi dan berfungsi optimal.

Negara harus tegas mengevaluasi serius hal ini. Negara cek ulang seluruh Sistem Energi Proyek-Proyek yang terbangun dan mempersiapkan serta mengevaluasi yang akan dibangun.
Selanjutnya Negara harus memastikan Proses Operasional Sistem Energi seluruh Proyek Nasional siap secara khusus menghadapi padamnya energi listrik.

Oleh: Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min
(Guru Besar Universitas Pelita Harapan)

Berita Terkait

CAGAR WISATA PANTAI MBU’U WOLOTOPO NDONA
SINDROM STEVEN –JOHSON ATAU NEKROLISIS EPIDERMAL TOXIC  GANGGUAN PADA KULIT YANG MENGANCAM JIWA
Politisi dan Kedunguan Bertutur, Sesat Menarasikan Logika, Pesan Cinta Untuk Yes Loudoe
Selamat Datang Nahkoda  Baru Kabupaten Ende  
Hentikan Kekerasan Terhadap Anak
Wakil Rakyat Harapan Rakyat Jangan Pikir Soal Korupsi
Merangke Kata Merai Kemampuan Menulis
Merdeka Atau Baru Merdeka

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 11:47 WITA

Pemprov NTT Serahkan SK Pengangkatan kepada 1443 Guru PPPK Tahun 2023

Sabtu, 11 Mei 2024 - 08:33 WITA

Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti

Kamis, 9 Mei 2024 - 17:19 WITA

Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:33 WITA

Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Berita Terbaru