Selamat Datang Nahkoda  Baru Kabupaten Ende  

Senin, 9 September 2019 - 20:53 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penulis :  Frans Kato

Suarafaktahukumcom. Ende. Sejarah telah tercatat di lembaran Negara  dan tersimpan rapi dilubuk hati masyarakat kabupatena Ende ,tercinta ,menyusul  resminya dilantik Muhemad Djafar sebagai Bupati Ende 2019 – 2024 ,oleh Gubernur NTT Viktor laeskoda  di Aula Utama Eltari Kupang NTT ,Minggu 8 September 2019 . Fenomena ini “disambut gembira masyarakat kabupaten Ende”,karena  Muhemad Djafar resmi menjadi orang nomor satu di kabupaten Ende .

 Kondisi yang demikian diharapkan  kepada Muhemad Djafar dapat melangkah cepat untuk membangun kabupaten  Ende sesuai dengan” visi dan misi pada kampanye pilkada , sehinggah Ende bisa  bangkit dari ketertinggalan , maju dan tidaknya kabupaten Ende ,”lima tahun kedepan ada ditangan Muhemad Djafar” ,dan   didukung oleh Masyarakat Kabupaten Ende yang Djawar cintai ,jika tidak maka akan “tertati tati untuk membangun kabupaten yang dikenal  sebagai “kota sejarah”. 

  Sehubung dengan hal itu ,  saya dapat menganalogkan bahwa posisi Muhemad Djafar sekarang ini seperti  “seorang pilot “yang membawai ,250 ,0000 penumpang ,nasibnya penumpang dan pesawat, disaat   “tinggal landasan maupun disaat lending ada ditangan dia” . Begitunya juga dikapal laut disaat kapal berlayar, dan merapat kepelabuhan ,nasib penumpang dan kapal  ada ditangannya karena “dia sebagai kapten “. 

 Oleh karena itu kapten harus cerdas jika  menghadang bade dan ombak menerjang kapalnya  , kompas menjadi panduan sehingga berlayar sampai kepulau  .Keterkaitan dengan hal itu , “ia butuh mualim yang ceradas  dan berpengelaman yang dapat membantunya dalam pelayaran sehingga ia bisa tiba dengan selamat  sampai kepada pulau yang ditujuhi . Hal ini saya yakin ia memahami karena 

 Ia berlatar belakang orang perhubungan .  

Begitu juga  dipesawat ia butuh cop pilot yang berpengelaman, pramugari yang rama dan memberi informasi yang benar  sehingga tidak membingungkan penumpang . Peswat itu tinggal landasan dan lending , posisinya selamat dan tidaknya ada ditangan pilot tapi harus didukung dengan  sarana dan prasarana yang baik . 

 Keterkaitan dengan kepemimpin Muhemad Djafar kedepan ini , baik keputusan politik , ekonomi, budaya , sosial  dan lain – lainnya yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dikabupaten Ende harus berani mengambil keputusan yang tidak merugikan semua golongan  karena dikabupaten ende, hampir semua suku ada , ini menggambarkan bahwa “hubungan masyarakat kabupaten ende dengan masyarakat lain begitu baik ”, dan hal itu tidak  terlepas peran pemimpin – pemimpin sebelumnya yang meletakan fondasi yang baik dengan memegang asas saling menghormat ,saling menghargai untuk semua suku, ras dan agama tanpa ada yang dibedakan.

Fenomena ini  dibahwa kepemimpinan Muhemad Djafar ,lima tahun kedepan , kita harapkan terus dijaga  hubungan silah turami sehingga menjalin hubungan yang aman dan tentram , kalau aman semuanya  kita bisa beraktivitas, kalau aman orang bisa berpikir jernih , sehingga untuk membangun,  pembangunan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik . Politik itu penuh dengan dinamika, maka segalah sesuatu dapat mencairkan  karena didalam politik ada kepentingan . Saya percaya dibahwa kepemimpin Muhemad Djawar, dia akan merangkul semuanya, baik pendukung maupun bukan  pendukungnya karena dia menyadari hal itu ,karena untuk membangun kabupaten Ende butuh keterlibatan banyak orang . 

Dengan ada nya sifat pemimpin yang suka  mendengar dan menerima masukan dari tokoh masyarakat , tokoh agama , LSM merupakan hal yang sangat baik , karena masukan tersebut dia akan meramu menjadi sesuatu kekuatan untuk membangun kabupaten Ende . “Kami percayah Muhemad Djawar, “ punya pembisik” , namun yang  harus diingat yang biasanya menyakit hati kita bukan orang lain,” melainkan teman dekat” dan “keluarga kita . Oleh karena itu harus jelih mengfilter terhadap masukan jangan samapai salah mengambil keputusan karena bisa fatal,” ingat masyarakat kabupaten Ende sangat kritis” .  “Ende saat ini” , ibaratnya kapal yang buritananya kiri kanan penuh dengan bocor maka dengan kehadiran Muhemad Djawar “dapat menambal bocor tersebut” sehingga tidak terjadi “bocor lagi – bocor lagi” . Karena masyarakat percayah Muhemad Djawar memimpin untuk membangun daerahnya yang ia cintai .     

“Dizaman Raja Aru, Busman” , dengan kepiawaianya ia selaku bupati ende erah tahun 70 an  , ia bersama masyarakat nya” dengan tulus memberi lahannya untuk membuka landasan bendara “, yang  sekarang ini diberi nama Bandara Aru Busman . Dierah Kepemimpin Muhemad Djawar , kita tungguh apa yang dia akan bangun dan apa yang dia  akan tinggalkan masa depan anak cucu kita dikemudian hari .  

Berita Terkait

CAGAR WISATA PANTAI MBU’U WOLOTOPO NDONA
SINDROM STEVEN –JOHSON ATAU NEKROLISIS EPIDERMAL TOXIC  GANGGUAN PADA KULIT YANG MENGANCAM JIWA
Politisi dan Kedunguan Bertutur, Sesat Menarasikan Logika, Pesan Cinta Untuk Yes Loudoe
Hentikan Kekerasan Terhadap Anak
Wakil Rakyat Harapan Rakyat Jangan Pikir Soal Korupsi
Merangke Kata Merai Kemampuan Menulis
Merdeka Atau Baru Merdeka
Jakarta Lumpuh Akibat Listrik Padam Total: Negara dan Pemda Gagal Dalam Proses Operasional Pelayanan…!!! Apa Solusinya…???
Tag :

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 11:47 WITA

Pemprov NTT Serahkan SK Pengangkatan kepada 1443 Guru PPPK Tahun 2023

Sabtu, 11 Mei 2024 - 08:33 WITA

Danrem 161/Wira Sakti pimpin Acara Sertijab dan Laporan Tradisi Korps Kasi Log Kasrem 161/Wira Sakti

Kamis, 9 Mei 2024 - 17:19 WITA

Pj. Gubernur NTT Gelar Jamuan Makan Malam Bersama Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Para Kardinal dan Para Uskup Se-Indonesia dan Timor Leste

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:33 WITA

Penjabat Gubernur Launching Alat Kesehatan Kateterisasi Jantung di RSUD. Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Berita Terbaru