Dekranasda NTT  Membentuk Desa Model Tenun Ikat Disemua Kabupaten

Senin, 16 September 2019 - 09:17 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kupang, Suarafaktahukum.com – Bako Humas Provinsi NTT menggelar kegiatan sosialisasi tenun ikat bertempat di hotel Papa Johs (13/9/2019)
Dengan tema, Peran Humas NTT Dalam rangka sosialisasi Promosi pengembangan dan Pelestarian Tenun Ikat NTT Menjadi produk andalan Ekonomi kreatif Nusa Tenggara Timur.

Turut hadir pada saat itu, ketua Dekranasda NTT Julie Laiskodat, Karo Humas NTT Marius Jelamu, Kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Darmawan, serta tamu undangan.

kegiatan tersebut di liput oleh kurang lebih 43 wartawan dari berbagai media, Electronik , online,maupun cetak yang ada di kota kupang.

Ketua Dekranasda NTT Julie Laiskodat saat memaparkan materi, lebih banyak menyoroti tentang perkembangan tenun ikat NTT .

Menurut Julie Laiskodat, Tenun ikat NTT saat ini sudah menjadi sangat terkenal di dalam maupun di luar Negeri. Sebab tenun ikat NTT, mempunyai ke unikan tersendiri dan tidak di miliki provinsi lain. Oleh sebab itu orang luar melihat motif tenun NTT sebagai peluang bisnis. Dan mereka memanfaat kan peluang yang ada dengan membuat motif tiruan untuk di jual ke pada konsumen.

Hal tersebut sangat di sayangkan, oleh sebab itu Dekranasda NTT akan memperjuangkan agar semua motif yang ada di NTT harus di buat hak paten . Bukan itu saja, Dekranasda juga segera membentuk Desa model Tenun Ikat pada semua kabupaten yang ada di NTT.

Kita berharap melalui Desa model Tenun Ikat, dapat mendorong pengerajin tenun ikat di daerah agar bisa menghasilkan tenunan yang bermutu dan sesuai dengan ciri kas dari daerah nya sendiri.

Saya masi sangat optimis bahwa, kain tenunan yang kita buat masi memiliki nilai tersendri dari konsumen di banding dengan produk kain hasil tiruan. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga mutu dan ke aslian tenunan. demikian ungkap ketua Dekranasda NTT.Julie Laiskodat.

Guna mendukung pengerajin yang ada pada desa model tenun ikat, Dekranasda akan melakukan pendampingan dengan memberi pelatihan , modal usaha, dan bahan bahan ke butuhan untuk menenun.

Tenunan yang di buat oleh pengerajin desa model, selanjut nya di beli oleh Dekranasda NTT.
Jadi mulai saat ini, kita harus sama sama bangkit untuk meningkatkan produksi tenun ikat NTT. Sekaligus dapat menambah penghasilan.

Selain membentuk Desa model tenun ikat, Dekranasda NTT selama ini telah melakukan kerja sama dengan SMK Negeri 4 kota kupang, sebab pada sekolah tersebut memiliki jurusan keterampilan Menenun. Julie Laiskodat beranggapan kerjasama dengan sekolah yang memiliki jurusan menenun sangat penting. Karna di sekolah SMK terdapat anak anak remaja yang perlu di bekali dengan pengetahuan cara menenun yang baik.
dan menjadi dasar buat mereka untuk berusaha.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dekranasda NTT, meminta kepada Karo Humas NTT Marius Jelamu, agar dapat membantu mempromosikan tentang tenun ikat melalui media masa sebanyak banyak nya. Kita butuh promosi yang lebih banyak biar orang luar cepat tau.
Jangan hanya promosi pada media yang kita suka saja. Demikian harapan Julie Laiskodat.

Bako Humas juga menghadir kan Dua orang remaja putri dari NTT yang telah merai perestasi di tingkat Nasional beberapa waktu lalu.
Yakni, Miss Grend Indonesia 2019 Sarlin Jones dan Putri Parwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem.

Kedua remaja yang tampak ceria, menggunakan momen tersebut untuk menyampaikan ucapan terimakasi kepada semua pihak terutama masarakat NTT yang telah mendukung mereka berdua. Dan berjanji untuk selalu membawa nama NTT di setiap kegiatan yang mereka ikuti, guna memperkenal kan destinasi pariwisata maupun budaya yang ada di semua kabupaten kepada wisatawan. Juga selalu menggunakan busana tenun ikat dari NTT pada momen tertentu.

Kegiatan Bako Humas, di akiri dengan konfrens pers bersama bupati kabupaten Alor Amon Djobo Melalui percakapan telepon.

Saat percakapan bersama Karo Humas Marius Jelamu,yang di dengar lsngsung oleh awak media melalui pengeras suara, Bupati Alor Amon Djobo menyampaikan harapan dan meminta dukungan dari semua pihak terlebih masarakat alor dalam menyukseskan kegiatan Expo Alor ke 13 dan Karnaval yang ke 5.

Menurut Amon Djobo, kegiatan Expo dan Karnaval kali ini merupakan momen yang sangat baik untuk mempromosikan semua ke unggulan produk maupun budaya yang ada di kabupaten Alor kepada Wisatawan yang berkunjung nanti. Kita jangan sia siakan kesempatan yang sangat berharga ini.demikian harapan bupati Alor Amon Djobo.

Karo Humas NTT Marius Jalamu saat menanggapi hasil dari percakapan dengan Bupati Alor, mengatakan dirinya atas nama pemerintah Provinsi sangat menyambut baik sekaligus memnberi apresiasi kepada pemerintah kabupaten Alor yang hendak melakukan ke giatan Expo dan Karnaval pada 16 -21 september.

Saya harapkan kegiatan ini dapat memberi manfaat yang sangat besar buat masarakat Alor ,sekaligus mempertemukan pelaku usaha dari 17 kecamatan yang ada di Alor dan Manfaatkan momen ini sebaik baik nya untuk Promosi tentang apa yang jadi ke banggaan di Kabupaten Alor.(jr)

Berita Terkait

Pejabat Walikota Kupang Minta Dinas Terkait Perhatikan Keluhan Masyarakat
Putria Salon menjalankan Program PKW Tahap ke Dua 
Tokoh Adat Amanuban Tengah Himbau Mayarakat Jaga Kamtibmas
Babinsa Desa Tunfeu Kabupaten Kupang Mengunjungi Warga Binaannya
David R.E.Selan Dilantik Sebagai Rektor UPG 1945 NTT
Gubernur Apresiasi Kepala BNPB, Ingatkan Para Bupati/Walikota
Kunjungi Sumba Timur, Gubernur Viktor Minta Perbaikan Infrastruktur Pertanian Pascabencana

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 10:24 WITA

Lantik Penjabat Bupati Kupang dan Ende, Ayodhia Kalake Minta Berikan Pengabdian dan Pelayanan yang Tulus

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:45 WITA

Penjabat Gubernur Ayodhia Kalake Lantik dan Kukuhkan 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:00 WITA

Penjabat Gubernur Buka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak dan Penghijauan di Lingkungan RSUP dr.Ben Mboi

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:42 WITA

Anggota TNI Mendapat Penyuluhan Hukum di Makorem 161/Wira Sakti

Rabu, 28 Februari 2024 - 07:37 WITA

Inovasi Hebat, Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif

Jumat, 23 Februari 2024 - 12:45 WITA

Danrem 161/WS Pimpin Ziarah Dalam Rangka HUT Korem 161/WS ke-63 di TMP Dharma Loka Kota Kupang

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:59 WITA

Korem 161/Wira Sakti gelar Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti

Selasa, 20 Februari 2024 - 22:48 WITA

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes,S.E.,M.M resmi jabat Danrem 161/Wira Sakti

Berita Terbaru

Tak Berkategori

Polda NTT Kerahkan 2.957 Peronil dalam OPS Ketupat 2024

Kamis, 4 Apr 2024 - 10:15 WITA

Hukum Kriminal

Laporkan Kasus KDRT, Ivony Non minta suaminya Ditahan Polres TTS

Kamis, 28 Mar 2024 - 11:55 WITA

Nasional

Provinsi NTT Raih Sejumlah Penghargaan TOP BUMD Awards 2024

Jumat, 22 Mar 2024 - 11:11 WITA